Review Penginapan Pondok Wisata Grafika Cikole Bandung Barat

Bandung merupakan kota tujuan wisata favorit bagi mereka yang ingin merasakan kesegaran serta keindahan alam, terlebih melepaskan diri sejenak dari kesibukan di ibukota. Tempat-tempat wisata menarik di Lembang seperti Gunung Tangkuban Perahu, De Ranch, Kampung Gajah, Kampung Daun, serta Bosscha Observatorium tentu akan memberi kesan tersendiri bagi wisatawan. Kini yang menjadi pertanyaan, tempat menginap apa yang cocok bagi turis selain kamar hotel mewah? Jika yang dicari adalah keunikan serta kenyamanan, Penginapan Pondok Wisata Grafika Cikole boleh dicoba.

Penginapan Pondok Wisata Grafika terletak di Jalan Tangkuban Perahu Km. 8, Cikole, Bandung Barat. Konsepnya cukup menarik karena mengkombinasikan alam permai dengan bangunan tradisional, serta layanan yang memuaskan. Penginapan tersebut dikelilingi oleh pepohonan, rumput, serta aneka tanaman yang membuatnya nampak asri dan segar. Banyak yang bilang itu merupakan penginapan bergaya ruma Hobbit! Kebanyakan, para pengunjung merupakan anak-anak muda maupun keluarga yang mencari nuansa berbeda ketika menginap. Namun tidak jarang turis asing terlihat disana.

Dikelilingi oleh pohon pinus serta berada pada ketinggian 1400 meter dpl, tamu akan merasa nyaman dan dapat menikmati suasana alam nan permai di penginapan ini. Selain itu, terdapat fasilitas restoran yang lengkap dengan menu seafood, masakan Chinese, maupun Sunda. Fasilitas menarik berikutnya adalah kawasan outbond, yang cocok bagi keluarga dan anak-anak mereka. Meskipun harus membayar lebih untuk menikmati fasilitas tersebut, pengalaman dan kesenangan yang didapat takkan terganti. Pilihan kegiatan outdoor termasuk flying fox, ATV, paint ball, dan petik buah stroberi langsung dari taman.

Berbeda dengan layanan dan fasilitas kamar hotel mewah, penginapan pondok wisata Grafika bukanlah bangunan bertingkat yang berada di tengah-tengah kota. Melainkan, konsep alam terasa amat kental setelah memasuki kawasan penginapan ini. Tamu dapat memilih 3 jenis akomodasi yang tersedia yaitu tipe kemah (camping), pondok wisata alam, serta hotel. Masing-masing memiliki keunikan serta kelebihan masing-masing. Yang termahal adalah tipe pondokan wisata dengan harga Rp. 920.000 per malam. Tersedia fasilitas 3 ranjang ukuran Queen dan disertai balkon pribadi. Pilihan ini cocok bagi keluarga karena disediakan sarapan gratis, handuk, peralatan mandi untuk 6 orang.

Pilihan tipe kamar hotel memiliki tarif Rp. 850.000 per malam dan cocok bagi pasangan bulan madu atau pengunjung biasa. Sedangkan tipe tenda atau camping memiliki harga Rp. 440.000 per malam dan dapat ditempati rombongan backpacker atau mereka yang memiliki jiwa petualang. Sedangkan fasilitas yang disediakan adalah sleeping bag, tenda, serta kayu bakar. Selayaknya berkemah di alam lepas, pilihan akomodasi ini cocok untuk menambah pengalaman ketika berkunjung ke Lembang.

Penginapan Alam Grafika sendiri dapat menjadi tujuan wisata karena memiliki fasilitas outbond. Sedangkan dari segi akomodasi, pilihan kamar hotel, tenda, serta pondok wisata alam tersedia disana. Pengunjung hanya perlu memilih tipe kamar apa yang cocok untuk keperluan serta budget yang mereka punya. Suasana juga cenderung damai karena jauh dari jalan raya, sehingga cocok untuk beristirahat maupun tempat berkumpul sebelum mengunjungi beberapa daerah wisata menarik di Bandung Barat.

Kelebihan:

  1. Memiliki sarana aktifitas outdoor
  2. Pilihan tipe akomodasi beragam
  3. Cocok bagi keluarga, backpacker, maupun wisatawan reguler
  4. Nuansa damai dan sepi
  5. Dikelilingi alam lepas termasuk pepohonan pinus

Kekurangan:

  1. Akomodasi tipe kemah dan pondok wisata alam terletak agak mejorok ke dalam dan butuh sedikit berjalan kaki kesana
  2. Sedikit repot jika membawa barang bawaan terlalu banyak
  3. Perlu membayar lebih untuk menikmati kegiatan-kegiatan outdoor yang ditawarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *