Tips Bagi Anda Yang Ingin Liburan Ke Dieng

liburan ke dieng

Kamarhotel.web.id – Apakah anda adalah seorang pekerja di jantungnya negara kita tercinta ini? Apabila iya maka anda pasti mengalami apa yang saya alami. Mulai dari macetnya, ramainya, hingga antrinya yang cukup untuk membuat dada kita sesak bila kita merasakannya.

Salah satu agar sejenak kita bisa terbebas dari hiruk piruknya perlombaan di ibukota adalah dengan berlibur. Nah pada kali ini tujuan liburannya jatuh kepadaaaa…….. Dieng. Yeee. Haha. Biasa aja kalee.

Kenapa Dieng? Karena Dieng memiliki banyak wisata menarik dan juga masih sedikit terjamah dengan asap – asap kendaraan yang dapat mencemari udara disana. Selain itu pemandangan disana sangat jauh lebih baik daripada pemandangan didepan komputer.

Namun tentunya kita tidak bisa kan langsung berangkat begitu saja kesana tanpa tahu harus membawa apa dan disana harus kemana. Maka dari itu sangat disarankan untuk membuat persiapan semaksimal mungkin. Jadi ketika hari H keberangkatan, anda sudah siap untuk menikmati wisata alam yang disediakan di Dieng.

Untuk mempermudah anda dalam mempersiapkan liburan ke Dieng untuk pertama kalinya, maka saya telah merangkumkannya untuk anda mulai dari persiapan sebelum berangkat hingga makanan yang harus anda santap. Simak tips berikut ini :

Tips Liburan ke Dieng

liburan ke dieng
(Gambar : traveloka.com)

Manajemen Waktu Dengan Baik

waktu
Manajemen Waktu Yang Baik Sangat Diperlukan Sebelum Travelling (Gambar : pixabay.com)

Hal pertama dan hal yang paling utama yaang harus anda persiapkan sebelum liburan ke Dieng adalah manajemen waktu. Anda harus benar benar mengatur waktu ketika anda disana. Salah satunya adalah dengan membuat Itinerary.

Itinerary ini semacam jadwal sebagai panduan anda ketika sudah berada disana. Apabila anda memilih untuk menggunakan agensi yang menyediakan paket wisata ke Dieng maka itinerary tersebut sudah disediakan oleh agensinya.

Namun apabila anda memilih untuk liburan bebas ala backpacker, maka anda harus membuat itinerary sendiri dengan mempertimbangkannya sebaik mungin. Mulai dari berapa lama perjalanannya, berapa lama akan disana, berapa lama tidurnya, anda harus memperhitungkannya sebaik mungkin.

Walaupun kemungkinan besar ketika anda sudah sampai disana, akan banyak sekali meleset dengan perkiraan di itinerary, itu bukanlah masalah yang besar. Karena saya sendiri banyak sekali melesetnya dari itinerary saya haha. Namun setidaknya ketika kita disana tidak akan kebingungan mau kemana.

Oh iya, selain itinerary, anda juga harus memperhatikan kapan anda kesana. Maksud saya adalah cuacanya. Apabila anda ke Dieng ketika sedang musim hujan, selain medannya bertambah sulit, kemungkinan besar juga anda tidak akan bisa menikmati keindahan Golden Sunrise di sana, dikarenakan tertutup awan. Maka dari itu saran kami kesana ketika musim kemarau.

Selektif Memilih Barang Bawaan

barang bawaan
Bawa Barang Seperlunya (Gambar : flickr.com)

Sebelum anda pergi liburan ke Dieng, hal ini juga harus anda perhatikan, yakni memilih barang mana yang harus anda bawa dan barang mana yang harus anda tinggal. Satu satunya alasan adalah efisiensi. Karena semakin banyak barang bawaan anda pastinya akan membuat anda lebih lelah dan juga tidak efisien.

Maka dari itu kami sudah mencoba untuk meringkaskan beberapa barang yang perlu anda bawa ketika anda liburan ke Dieng. Berikut adalah diantaranya :

  1. Jaket, barang wajib yang harus dibawa ketka anda muncak.
  2. Baju hangat, usahakan untuk mengenakan double pakaian lalu ditambah jaket karena dinginnya disana.
  3. Celana, usahakan untuk tidak menggunakan celana jean karena ketika kena embun bakal tambah berat. Bisa celana kain atau polyester juga boleh.
  4. Sepatu, hindari menggunakan sandal jepit, disamping licin, bisa juga putus ketika turun dari pendakian.
  5. Kaos kaki, jangan hanya membawa sepasang kaos kaki, usahakan untuk membawa lebih.

Mungkin itu barang wajib yang harus anda bawa selain barang wajib yang pada umumnya seperti pakaian ganti, handphone, charger, ataupun tas. Hehe.

Oh iya, hampir kelupaan, ada juga beberapa barang bawaan yang mungkin terdengar sepele namun mungkin akan sangat membantu anda ketika disana. Mereka adalah :

  1. Senter, karena untuk mengejar sunrise, anda akan mendaki di kegelapan malam.
  2. Botol, dengan botol air mineral, anda bisa mengisi ulangnya dengan air pegunungan asli.
  3. Uang pecah, usahakan untuk membawa uang pecah sekitar 2rb-an, 5rb-an, 10rb-an. Karena beberapa tempat wisata diharuskan membayar tiket masuk.
  4. SIM Card, nah ini nih yang mungkin paling penting. Pakailah sim card telkomsel supaya masih bisa update IG haha, karena sinyal dari operator lain tidak menjangkau area ini.

Pikirkan Tentang Transportasi

transportas
Pilih Transportas Yang Cocok Untuk Anda (Gambar : wikimedia.org)

Hal lain yang harus anda pertimbangkan sebelum anda liburan ke Dieng adalah tentang transportasi. Anda harus memikirkan matang matang bagaimana anda akan sampai ke sana. Ada 3 pilihan transportas; Bus, Kereta, dan juga Pesawat.

Memang dari ketiga mode transportasi diatas, maka Bus lah yang paling ekonomis. Namun perjalanan dari Jakarta menuju 10 – 12 jam. Dimana itu adalah perjalanan yang terhitung cukup lama.

Sedangkan untuk kereta memang cuma memakan waktu sekitar 4 – 5 jam untuk mencapai stasiun di Purwokerto. Namun untuk saya pribadi tidak terlalu menyukai kereta dimana tempatnya cukup ramai dan berisik. Dimana saya pribadi sedikit tidak menyukai suasana tersebut.

Jadi bila harus memilih saya akan memilih untuk menggunakan pesawat. Meskipun tidak bisa langsung ke purwokerto tapi harus turun ke Solo, tapi melihat waktu perjalanan dan suasana ketika perjalanan, saya tetap memlih pesawat. Dimana pesawat cukup memakan 1.5 jam perjalanan.

Itu tadi mengenai cara kesana. Sekarang kita memikirkan transportasi ketika disana. Saya sendiri karena tidak suka repot, saya lebih memilih untuk menyewa sebuah mobil ketika disana, bisa dengan supirnya ataupun saya setir sendiri.

Oh ya, disini perspektifnya liburannya 2 orang ya, karena saya menganggapnya yang liburan itu saya sama istri wkwk. Jadi nyewanya mobil, romantis untuk berdua. Haha. Kalo liburannya sama temen dan kalian tidak ingin repot juga seperti saya, maka kalian bisa menyewa elf yang mana bisa muat sekitar mulai dari 12 orang hingga 20 orang untuk elf yang long.

Jangan Lupa Akomodasi

hotel
Lobby Kresna Hotel di Wonosobo (Gambar : traveloka.com)

Oh ya, jangan lupa soal akomodasi. Setelah tadi kita memikirkan transportasi, tidak lupa untuk memikirkan akomodasi juga ketika disana. Apabila anda berlibur berdua seperti saya dan istri saya, maka pilihan terbaik adalah untuk menyewa hotel disekitar wonosobo. Dengan begitu, akses dari hotel dengan tempat wisata tujuan anda akan dekat.

Kalo kalian bareng – bareng sama temen temen, maka pilihan terbaik jatuh kepada homestay. Karena kalo homestay itu bisa ditempatin rame – rame, jadi bakal seru liburan sama temennya.

Transportasi + Akomodasi (Why Not?)

transportasi akomodasi
Lebih Murah Beli Paketan dariapada Terpisah!

Setelah saya praktekan untuk order pesawat dan juga hotel, maka menurut saya order secara terpisah cukup memakan waktu saya. Dimana saya tidak punya cukup waktu luang, mengingat kesibukan saya di pekerjaan (cieelah, songong wkwk). Dan saya juga yakin anda juga. Maka dari itu anda mencari waktu untuk liburan (Ngaku aja deh wkwk)

Jadi saya memutar otak, dan coba – coba browsing, dan ternyata sekarang Traveloka nyediain paket Pesawat + Hotel, which is bagi saya sangat membantu sekali. Dimana saya suka mengefisiensi waktu sebaik mungkin.

Setelah saya telusuri, ada 2 poin penting yang bisa saya tekankan disini mengenai paketan Pesawat + Hotel ini.

1. Mudah

Yang pertama dan utama adalah mudah. Pemesanan yang saya lakukan jadi mudah, efisien, dan saving time banget. Dimana notabenenya saya gak punya banyak waktu, jadi poin plus mudah disini sangat berarti untuk saya.

2. Murah

Awalnya saya gak percaya kalau pesan paket pesawat+hotel jadi lebih murah. Tapi ketika saya coba coba untuk booking memang lebih murah daripada pesan secara terpisah. Dan lebih amazingnya lagi hematnya hingga 20% tanpa harus memasukkan kode kupon apapun. Dimana 20% nya tersebut bisa kita gunakan untuk membeli oleh oleh keluarga dan mertuaaa.. Yeaayyy.

Lihat saja gambar diatas contohnya. Itu adalah pas saya mau order untuk saya dan pasangan saya. Dua orang dengan menggunakan pesawat citilink, dan menginap di Kresna Hotel. Karena saya melihat feedback di Kresna Hotel bagus. Haha. Terlihat sekali lingkaran merah menunjukkan potongan sebesar kurang lebih Rp. 500 rb. Waaaww, sangat bisa saya manfaatkan untuk beli kenang kenangan dari wonosobo ataupun makanan khas disana.

Menurut saya dua poin tersebut; Mudah & Murah merupakan alasan saya untuk pesan paket pesawat+hotel bersamaan dibandingkan harus memesannya secara terpisah. Apabila anda juga memiliki kepribadian seperti saya yang gak suka ribet, dan ingin memesan pesawat+hotel untuk liburan ke Dieng, anda bisa pesan disini.

Nah itu tadi adalah persiapan sebelum pergi liburan ke Dieng. Pastikan anda mempersiapkannya dengan matang mulai dari waktu, barang, hingga transportasi dan akomodasi. Jangan sampai ketika sudah datang hari H liburan, tapi anda masih sibuk dengan tiket pesawat dan juga barang anda belum siap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *