Air Terjun Grojokan Tuwondo Bantul

Air Terjun Grojokan Tuwondo Bantul

Air Terjun Grojokan Tuwondo Bantul – Wilayah Gunung Kidul dengan ragam deretan pantainya boleh jadi merupakan surganya objek wisata pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tapi, jika kita berbicara tentang obyek wisata air terjun di Yogyakarta, maka Bantul dan Kulon Progo primadonanya. Salah satu tempat wisata air terjun di Bantul yang wajib Anda kunjungi ialah air terjun Grojokan Tuwondo.

Objek wisata ini dinamakan Grojokan Tuwondo, karena curah air pada air terjun ini turun dengan menggerojok yang berarti menggelegar sehingga diambillah kata “Grojokan”. Sedangkan untuk kata “Tuwondo” disebabkan batu-batu yang menjadi tebing tempat mengalirnya air terjun seperti anak tangga.

Tuwondo merupakan singkatan dari kosa kata bahasa Jawa ‘Watu Ondo’ yang berarti ‘tangga batu’. Huruf ‘W’ di tengah merupakan huruf tambahan karena orang dulu mempunyai semboyan “endahing suworo ing panemu” yang berarti memperindah pengucapan dalam sebuah kata. Bagi Anda yang masih penasaran Anda dapat membuktikan dengan mengunjunginya.

Pada musim kemarau terkadang Air Tejun Grojokan Tuwondo ini mengalami kekeringan. Maka dari itu, sebaiknya bagi Anda yang ingin mengunjunginya untuk memilih musim penghujan. Sebab di musim hujan inilah pesona Air Terjun Grojogan Tuwondo akan terlihat jelas.

Bentuk dari air terjun ini memiliki tiga tingkatan yang masing-masing memiliki ketinggian 3 hingga 5 meter dan Setiap tingkatan itu akan mengalir air deras ketika hujan turun ataupun saat musim penghujan, aliran airnya terbelah menjadi dua aliran. Di lokasi sekitar air terjun anda akan menjumpai pepohonan jati dan juga semak belukar. Bebatuan yang banyak anjda jumpai di perjalanan merupakan jenis batuan andesit dan batu kapur.

Ketika sampai dolokasi air terjun ini. dinginnya air terjun sudah bisa Anda rasakan walaupun Anda belum sampai mencelupkan bagian tubuh Anda. Batu-batu tempaat turunnya air tersusun secara alami dan sangat rapi. Pemandangan sekitar wisata Air Terjun Grojogan Tuwondo ini masih terlihat rindang dan hijau, sehingga sejuknya tempat ini bisa mengusir rasa lelah Anda selama menempuh perjalanan jauh.

Lokasi Grojokan Tuwondo

Lokasi wisata air terjun Grojokan Tuwondo ini terletak di Kampung Lemah Abang, Dusun Banyakan 3, Desa Siti Mulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Grojogan Tuwondo

Adapun rute dari Jogja sampai lokasi cukup mudah. Dari jalan Wonosari Km 9, tepatnya sesampainya di Kids Fun, lurus ke timur sampai lampu lalu merah Sampakan, lalu belok ke Selatan ke arah Pleret, lurus ikuti jalan kurang lebih 5 Kilometer sampai area industri Banyakan. Di dekat area industri tersebut terdapat gang kecil, ikuti gang tersebut, sekitar 50 meter sampai pertigaan kecil ambil kiri, nanti Anda akan melewati area persawahan sepanjang 1 Kilometer, selanjutnya ikuti petunjuk jalan menuju Air Terjun Grojogan Tuwondo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *