Air Terjun Kedung Pedut, Pesona Keindahan Alam Yang Tersembunyi

Air Terjun Kedung Pedut, Pesona Keindahan Alam Yang Tersembunyi

Air Terjun Kedung Pedut, Pesona Keindahan Alam Yang Tersembunyi – Jika ‘Jogja Bay’ merupakan water park di Derah Istimewa Yogyakarta dengan sentuhan teknologi modern, maka Air Terjun Kedung Pedut ini bisa dibilang sebagai water park versi tradisionalnya. Dengan demikian bagi Anda yang ingin berlibur, berenang atau ingin menghilangkan rasa penat dengan tumpukan kerjaan dan gerahnya terik matahari, sesekali mencoba objek wisata Kedung Pendut Kulon Progo ini.

Nama ‘Kedung Pedut’ berasal dari bahasa Jawa, ‘kedung’ berarti dasar sungai yang cekung, sehingga lebih dalam dari sisi-sisinya. Sedangkan “Pedut” berarti kabut, sebab kawasan Air Terjun Kedung Pedut ini adalah daerah yang sering berkabut. Kedung Pedut masih satu aliran dengan kedung-kedung lainnya seperti Kedung Lanang, Kedung Anyes, Kedung Merang, Kedung Merak dan Kedung Wedok yang kita kenal dengan Kedung Pedut ini.

Memiliki aliran sungai berkelok-kelok dan memiliki sudut kemiringan hingga 45 derajat. Memiliki banyak riam yang semakin mempercantik suasana. Kabut tebal di area ini tercipta dari derasnya air yang jatuh ke kolam.

Keindahan alam di tempat ini sudah terbukti. Warna airnya akan menampakkan 2 warna yang memesona. Yaitu warna bening jernih dan warna biru kehijau-hijauan. Orang-orang berpendapat bahwa warna ini disebabkan karena pengaruh bebatuan yang berada di dasar kedung. Air yang mengalir jernih berasal dari mata air, yaitu mata air mudal. Aliran air dari mata air mudal ini juga terus mengalir ke lokasi air terjun yang lain, yakni Air Terjun Kembang Soka.

Bagi Anda yang suka dengan aktifitas fotografi, maka kedung ini dapat menjadi spot rekomended untuk background setiap jepretan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kesegarannya dengan berenang ataupun bermain air.

Di kawasan wisata ini juga difasilitasi dengan gardu pandang dan kursi-kursi berbahan bambu, sehingga Anda dapat melihat-lihat indahnya pemandangan kedung dan sekitarnya dari ketinggian ataupun dengan duduk manis di kursi-kursi bambu tersebut.

Disini juga dibangun jembatan-jembatan kecil yang indah. Jembatan ini berguna untuk melalui jalan-jalan yang licin serta untuk menyeberang di atas kedung tanpa harus membasahi pakaian. Dahaga dan laparpun tidak akan mengganggu kenyamanan liburan Anda, karena sudah banyak penjual dengan berbagai ragam makanan dikawasan air terjun ini.

Air Terjun Kedung Pedut ini berlokasikan di Dusun Kembang, Desa Jati Mulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo. Rute perjalanan dari Jogja bisa dimulai dari Tugu Jogja terus ke Barat, pasar Godean, jembatan Sungai Progo, pasar Kenteng, tanjakan menoreh pol mentok, Goa Kiskendo lalu ambil kiri, pertigaan Grojogan Mudal ambil kiri, pertigaan setelah gerbang air terjun Kembang Soka ambil kiri, sampailah ke Lokasi Air terjun. Tiket masuk air terjun ini sebesar Rp3000. Untuk parkir sepeda motor dikenai Rp. 2000 dan mobil Rp. 5000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *