Pesona Wisata Air Terjun Kembar Tiu Teja Lombok Utara

Pesona Wisata Air Terjun Kembar Tiu Teja Lombok Utara – Tak hanya dikenal akan keindahan alam bawah lautnya, Pulau Lombok juga memiliki potensi keindahan air terjun yang sangat indah. Diantara sekian banyak air terjun yang memukau, Air Terjun Tiu Teja di Lombok Utara menjadi yang paling eksotis.

Pada umumnya air terjun hanya memiliki satu aliran saja, namun pada Air Terjun Tiu Teja memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas dari Air Terjun Tiu Teja adalah adanya dua aliran air terjun yang bentuknya sangat indah. Kedua air terjun ini turun secara berdampingan.

Jika cuaca sedang baik biasanya akan muncul pelangi yang merupakan hasil dari pembiasan air terjun dan sinar matahari. Pemandagan ini nampak menjadi sangat mempesoa karena disekeliling air terjun terdapat pepohonan yang rindang dan menghijau.

Air Terjun Kembar Tiu Teja Lombok Utara ini memiliki tinggi 50 meter dengan lebar air terjun sekitar 10 meter. Aliran air Air Terjun Tiu Teja berasal dari Danau Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani. Kawasan Tiu Teja juga dikelilingi oleh pegunungan Rinjani dan beberapa gunung lainnya sehingga suasana ditempat ini sangat sejuk.

Obyek wisata ini letaknya di tengah hutan yang asri sehingga selama perjalanan menuju kemari pengunjung akan banyak menjumpai flora dan fauna. Pohon-pohon dihutan ini nampak tinggi dan menjulang sehingga memungkinkan bagi satwa liar untuk berkembang biak. Jika beruntung sobat dapat menjumpai kera ekor panjang dan lutung hitam.

Lokasi Air Terjun Tiu Teja Lombok Utara

Lokasi Air Terjun ini berada di Ds Santong, Kec Kayangan, Kab Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Dari Ibukota Nusa Tenggara Barat berjarak kurang lebih 80 kilometer. Selain memiliki Air Terjun Tiu Teja, Kabupaten Lombok Utara juga merupakan wilayah yang membawahi 3 Pulau yang mendunia yakni Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.

Rute Menuju Air Terjun Tiu Teja Lombok Utara

Untuk dapat ke lokasi air terjun ini dapat diakses dengan kendaraan roda dua. Namun jika anda menggunakan mobil harus parkir diperbatasan desa dan berjalan kaki sekitar 2 kilometer. Medan menanjak akan menjadi tantangan sobat menuju ke Air Terjun Tiu Teja.

Jika merasa tidak memiliki stamina yang cukup dan enggan berjalan kaki sobat dapat menyewa jasa ojek yang akan mengantarkan sobat hingga ke pintu gerbang Air Terjun Tiu Teja. Dari gerbang tersebut sobat diharuskan untuk menuruni anak tangga dengan jarak sekitar 300 meter.

Tak perlu merasa cemas karena disepanjang menuruni anak tangga sobat akan ditemani dengan puluhan kera ekor panjang dan lutung hitam. Biasanya kera-kera ini melompat dari satu dahan ke dahan yang lain. Pemandangan yang sangat langka ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Ketika berjalan menuruni anak tangga selama lima menit suara gemuruh air terjun sudah terdengar. Setelah berjalan kurang lebih 15 menit sobat akan menjumpai keeksotisan Air Terjun Tiu Teja. Semua lelah anda selama perjalanan akan hilang seketika tiba ditempat ini.

Daya Tarik Air Terjun Kembar Tiu Teja Lombok Utara

Karena letaknya ditengah hutan tentu suasana yang disuguguhkan sangat tenang. Tempat ini menjadi tempat yang cocok untuk mencari kedamaian. Suasananya sangat kontras dengan yang biasa kita temui di kota besar. Udara khas pegunungan terasa sangat sejuk di kulit. Aliran air terjun yang berasal dari segara anak pun terasa sangat segar.

Menyusuri hutan untuk dapat sampai ke Air Terjun Tiu Teja akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Air Terjun Kembar Tiu Teja Lombok Utara merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata menarik yang kami rekomendasikan ketika berkunjung ke Lombok Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *